Merdeka Belajar Episode Ke-24 Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

Serang – Banten, PDM-09 BPMP Provinsi Banten, setelah melaksanakan 2 kegiatan sebelumnya secara yaitu :

  1. Diseminasi Surat Pemberitahuan SPV PDM-09 Ke Dinas Pendidikan untuk Advokasi Transisi PAUD ke SD tanggal 15 Februari 2024
  2. Koordinasi Kemitraan Berkala dengan Mitra Daerah, Tanggal 28 Maret 2024

Baru-baru ini di tanggal 14 Mei 2024 BPMP Banten menggelar satu kegiatan bertajuk Advokasi dan Pendampingan Kebijakan dan Produk Pembelajaran Transisi PAUD-SD Kepada Kantor Wilayah Kementrian Agama. Kegiatan diselenggarakan di Hotel Horison TC UPI Kota Serang. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari PDM-09 yang bertujuan untuk memberikan penyamaan persepsi mengenai kebijakan PPDB tahun ajaran 2024/2025 terkait SE 0759 Transisi PAUD ke SD. Selain itu informasi tentang kebijakan produk pembelajaran transisi PAUD-SD yang menyenangkan pun diinformasikan pada kegiatan tersebut. Diharapkan pula peserta yang hadir saat itu dapat meningkat pemahamannya berkenaan dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) serta produk pembelajaran transisi PAUD ke SD.
Kegiatan yang dilakukan di hotel Horison TC UPI kota Serang ini dihadiri oleh 49 peserta yang meliputi keterwakilan unsur Kepala Kantor Kemenag 8 Kabupaten/Kota, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag, Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag 8 Kabupaten/Kota, Pengawas RA/MI Kemenag Kabupaten/Kota, Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiah Kemenag 8 Kabupaten/Kota. Dipimpin oleh ketua TIM Kerja 01 Inovasi dan Tranformasi Pembelajaran, Dr. Raden Ahmad Hadian A.P, S.Si, M.Pd serta koordinator kegiatan Iroh Siti Zahroh sekaligus sebagai PIC PDM-09 maka kegiatan dapat berjalan dengan lancar.
Dalam sambutannya, Dr. Raden Ahmad Hadian selaku Katimja 01 sekaligus mewakili Kepala BPMP provinsi Banten, menyambut baik kegiatan perdana ini sebagai langkah awal untuk memperluas kerjasama pendidikan dalam rangka mengoptimalkan semua satuan pendidikan di proinsi Banten berkesepahaman tentang proses pembelajaran terkait transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Hal ini dapat berlaku tidak hanya dilingkungan kemendikbudristek akan tetapi sama halnya berlangsung di lingkungan Kanwil Kemenag. Gerakan transisi PAUD-SD diharapkan dapat berjalan dengan optimal dengan daya dukung dan kerjasama dari berbagai pihak.
Kegiatan ini dimulai dengan informasi terkait SE yang telah dikeluarkan oleh Kementrian Agama. narasumber kegiatan Humaedi Hakim,M.Si. selaku Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag sekaligus mewakili kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, menyampaikan informasi SE No. 4 tahun 2024 tentang Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini / Raudhatul Athfal ke Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah Kelas Awal. SE ini selaras dengan SE No. 0759 tahun 2023 yang telah diterbitkan oleh Dirjen PAUD Dasmen Kemendikbudristek terkait Transisi PAUD-SD. Harapan beliau, kegiatan seperti ini terus dapat terjalin dalam rangka mendukung gerakan transisi PAUD-SD secara masif di provinsi Banten.
Dilanjutkan informasi narasumber ke-2 yaitu Dr. Muthoharoh, akademisi dan juga praktisi pendidikan yang mengingatkan tentang pentingnya penyelarasan pembelajaran PAUD ke SD dengan cara yang menyenangkan. Optimalisasi 6 kemampuan fondasi anak dibangun sejak PAUD sampai SD kelas awal . Diharapkan kemampuan dasar ini menjadi fondasi bagi siswa untuk belajar lebih baik di kelas dan jenjang berikutnya.
Antusias peserta dalam menanggapi kebijakan terkait Transisi PAUD SD terlihat pada saat melakukan diskusi terpumpun yang berpijak pada temuan-temuan miskonsepsi yang terjadi di masyarakat. Masih banyak praktik PPDB serta pembelajaran yang belum mencerminkan pemahaman bahwa membangun kemampuan fondasi (kematangan sosial emosional, kemampuan literasi dan numerasi dasar, serta kemampuan fondasi lainnya) merupakan suatu proses bertahap dan berkelanjutan yang dibangun sejak PAUD hingga SD kelas awal. Hak setiap anak untuk mendapatkan fase fondasi belum terpenuhi. Masih banyak anak yang langsung masuk SD/MI, sehingga tidak mendapat fase fase fondasi yang menjadi haknya.Untuk itu, informasi yang telah didiskusikan menjadi irama tersendiri bagi kedua belah pihak untuk terus saling menguatkan agar pendidikan di provinsi Banten ini menjadi semakin berkembang sesuai harapan.
Sinergitas dari kegiatan ini diharapkan terus terbangun tidak hanya sebatas kegiatan ini saja, demikian harapan semua peserta.
Dari diskusi yang dinamis, berpijak pada SE yang juga telah dikeluarkan oleh 2 kementrian ini, disepakati satu komitmen bersama untuk mendukung gerakan transisi PAUD-SD sebagai pijakan bagi peserta didik untuk dapat melakukan kegiatan belajar di kelas awal dengan cara yang menyenangkan. Penandatanganan Komitmen bersama mendukung Gerakan Transisi PAUD-SD pun dilakukan serempak mewarnai kegiatan ini.
Pendidikan itu hanya suatu “tuntunan” di dalam tumbuhnya anak-anak kita. Anak-anak itu sebagai mahluk hidup, manusia, dan benda hidup, sehingga mereka hidup dan tumbuh menurut kodratnya sendiri. Kita kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan itu, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya itu Ki Hajar Dewantara.

PIC PDM-09_Iroh Siti Zahroh

You May Also Like

Skip to content